Senin, 24 November 2008

Presiden Terima Xanana pada Selasa

Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan Juru Bicara Presiden, Dino Patti Djalal, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin, Xanana direncanakan akan diterima secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa, 29 April 2008, di Istana Merdeka, Jakarta.

Xanana menurut rencana tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin 28 April 2008 pukul 20.00 WIB.

Presiden dan Xanana, menurut Dino, akan mengadakan pertemuan bilateral untuk membahas perkembangan terkini hubungan kedua negara.

Xanana dalam kunjungannya ke Indonesia didampingi oleh sembilan menteri Timor Leste, yaitu Menteri Luar Negeri, Menteri Kehakiman, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Menteri Administrasi Negara dan Tata Wilayah, Menteri Ekonomi dan Pembangunan, Menteri Infrastruktur, Menteri Pariwisata, Industri dan Perdagangan, serta Menteri Pertanian dan Perikanan.

Presiden dan Xanana dijadwalkan menyaksikan penandatanganan empat nota kesepahaman perjanjian di antara kedua negara, yaitu perjanjian perdagangan, perjanjian kerjasama teknik di bidang perdagangan, kerjasama di bidang industri kecil menengah (IKM), serta kerjasama teknik di bidang pengawasan obat dan makanan.

Selama kunjungan lima hari di Indonesia mulai 28 April 2008 hingga 2 Mei 2008, PM Timor Leste dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua DPR, Ketua MPR, Panglima TNI dan Kapolri.

Xanana juga dijadwalkan mengadakan pertemuan dengan kalangan usaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin), serta memberikan kuliah umum pada forum "Indonesian Council on World Affairs".

Kunjungan lima hari Xanana di Indonesia merupakan kunjungannya yang pertama sejak dilantik sebagai PM Timor Leste pada Agustus 2007. (*)

Tidak ada komentar: