Senin, 10 November 2008

Astra akan Biayai Industri Kecil Komponen Rp600 Miliar

Grup Astra berkomitmen membantu pembiayaan Industri Kecil Menengah (IKM)
komponen otomotif dan alat berat di beberapa daerah di Indonesia dengan menyediakan dana Rp600 miliar.

Menurut Dirjen Industri Kecil dan Menengah Departemen Perindustrian Fauzi Aziz, Grup Astra sudah berkomitmen membantu menyediakan bahan baku bagi industri kecil bidang otomotif itu.

Grup Astra sepakat dari 6.000 jenis komponen dalam industri otomotif dan alat berat akan disubkontrakkan dan dikerjakan oleh IKM, kata Fauzi di Jakarta, Selasa.

Astra memilih menyerahkan produksi komponen melalui out sourching karena dinilai lebih ekonomis.

"Kita harap pengenbangan IKM ini akan lebih mengakar dengan cara tersebut. Buat saya tidak masalah siapa yang mengembangkan hal tersebut," ujar dia.

Saat ini, menurut dia, ada dua sentra IKM khusus untuk produk komponen otomotif dan alat berat terbesar, yakni di Cibatu Sukabumi dan Tegal.

"Produknya tentu tidak butuh proses yang mementingkan presisi. Astra sendiri membeli komponen tersebut melalui vendor baru ke pengerajin," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, di Sukabumi sendiri ada perusahan Alfindo yang berskala menengah mampu menghasilkan 5.000 item komponen per hari. Jumlah tersebut harus dapat dipenuhi pengerajin per hari agar pesanan dapat terus berlanjut, karena itu pengerajin beroperasi dua shift dalam satu hari.
(*)
19/08/08 19:44

Tidak ada komentar: